Senin 23/1/2017, 11.38 WIB
Pertamina-Berita

Anak Usaha Baru Pertamina Layani Pelayaran Domestik

Target yang dicapai adalah menjadikannya sebagai world class shipping company.
Pertamina
Donang Wahyu|KATADATA

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mendirikan anak perusahaan baru yakni PT Pertamina International Shipping (PIS) yang bergerak dalam sektor pelayaran dalam negeri. Pemegang Saham PIS adalah PT Pertamina (Persero) dan PT Pertamina Lubricants masing-masing sebesar 99,5 persen dan 0,5 persen.

Menurut Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto, selain untuk melayani kepentingan Pertamina, aset perusahaan juga harus bisa diutilisasi untuk melayani pihak lain. Dengan begitu konsep produktivitas dari aset akan tercipta.

“Kita berharap pembentukan anak perusahaan itu akan menghasilkan added value bagi organisasi kita, yaitu Pertamina,” ujarnya dalam acara penandatanganan akta pendirian PIS di Jakarta, akhir tahun lalu.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Direktur Utama Pertamina Ahmad Bambang, Direktur Pemasaran Pertamina M. Iskandar, SVP Shipping Moeljono, VP Strategic Planning & Business Development (SPBD) Nina Sulistyowati, Direktur Utama Pertamina Lubricant Gigih Wahyu Hari Irianto, dan VP Subsidiaries & Joint Venture (SJV) Mardijono Nugroho.

Dwi mengatakan, pembentukan anak perusahaan selalu didasarkan pada potensi yang bisa dikelola sebagai bagian dari organisasi tersebut atau dikelola secara terpisah.

“Kalau kita lihat ada upaya peningkatan efisiensi, maka itu layak dibentuk sebagai anak perusahaan (AP),” tuturnya.

Sementara itu Nina mengungkapkan, dengan didirikannya PIS, Shipping Pertamina diharapkan bisa meningkatkan kinerja finansialnya seperti perusahaan migas lain. Target yang dicapai adalah menjadikannya sebagai world class shipping company.

Ia mengakui bahwa tantangan untuk PIS memang berat namun dirinya yakin masih ada ruang bagi PIS untuk berkembang. Menurutnya, pasar sangat terbuka luas baik di level domestik maupun internasional.

Sebagai permulaan, PIS memperoleh modal awal sebesar US$ 10 juta. Kemudian Pertamina akan melakukan tambahan penyertaan modal untuk PIS berupa 5 aset yang terdiri dari 1 floating storage dan 4 kapal tanker BBM serta seluruh aset dan liabilitas yang terdapat pada Fungsi Charter Out, Shipping, Direktorat Pemasaran Pertamina.  

Microsite ini hasil kerja sama antara Katadata dan Pertamina