Jum'at 23/12/2016, 11.26 WIB
Ekonografik

Pertamina Dukung Pemberdayaan Pesisir

Program "Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan" diikuti sekitar 3.400 peserta dangan total bantuan CSR dan PKBL mencapai Rp 6,6 miliar.

Indonesia merupakan negara pemilik garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada. Berdasarkan perhitungan Badan Informasi Geospasial, panjang garis pantai Indonesia mencapai 99.093 km. Namun, potensi ekonomi di wilayah tersebut belum tergarap optimal.

Selain itu, menurut laporan Ocean Conservancy, Indonesia bersama dengan Cina, Thailand, Vietnam, dan Filipina merupakan penyumbang sampah plastik ke lautan terbanyak di dunia.

Berkaca dari kondisi tersebut, Pertamina mengadakan program “Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan” yang dibarengi dengan bantuan corporate social responsibility (CSR) dan program kemitraan bina lingkungan (PKBL). Tujuannya program ini juga untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan di wilayah pesisir.

Program tersebut dilakukan serentak di lima lokasi pada 10 Desember 2016. Kegiatan ini diikuti sekitar 3.400 peserta dangan total bantuan CSR dan PKBL mencapai Rp 6,6 miliar. 

Microsite ini hasil kerja sama antara Katadata dan Pertamina