Jum'at 27/1/2017, 15.05 WIB
Ekonografik

Instalasi Anjungan Terintegrasi Pertamina

Proyek terintegrasi tersebut diharapkan dapat menahan laju penurunan produksi di blok yang terletak di perairan Madura, Jawa Timur.

PT Pertamina (Persero) akan membangun enam anjungan lepas pantai yang saling terintegrasi di blok West Madura Offshore (WMO). Pada proyek tahap I atau Engineering Procurement Construction Installation (EPCI-1), Pertamina menginstalasikan anjungan PHE-12 dan PHE-24 yang terhubung dengan Central Processing Platform (CPP) 2.

Proyek tahap I diproyeksikan mulai memproduksi minyak sebesar 1.000 barel per hari (bopd) pada Februari 2017 dengan perkiraan produksi puncak mencapai 2.900 barel per hari dua bulan setelahnya. Sementara untuk gas ditargetkan mulai berproduksi pada Juni 2017 dengan volume mencapai 10 juta kaki kubik per hari (mmscfd).

Adapun produksi puncak gas diperkirakan terjadi pada Juli dengan volume mencapai 14,1 juta kaki kubik per hari. Proyek terintegrasi tersebut diharapkan dapat menahan laju penurunan produksi di blok yang terletak di perairan Madura, Jawa Timur.

Microsite ini hasil kerja sama antara Katadata dan Pertamina